Sabtu, 06 Januari 2018

Operasi Varikokel di RS Syafira Pekanbaru 2018

Bagi temen2 yang belum tau tentang varikokel, bisa cari artikel khusus tentang varikokel ya. Saya coba ceritain pengalaman suami dioperasi aja. 😀😀😀

Awalnya, suami saya gak mau varikokelnya dioperasi. Soalnya dokter andrologi rs. Awal Bross yang pernah kami temui bilang kalau pasiennya ada yang mengidap varikokel tapi istrinya bisa hamil padahal varikokelnya gak dioperasi. Nah suami jadi optimis untuk mengonsumsi obat saja. Waktu itu suami sempet ngonsumsi obat veridin selama satu bulan. Resep dari dokter androloginya. Dan kami gak bisa mastiin obat itu pengaruhnya kaya gimana.

Seperti yang saya ceritain di artikel sebelumnya, perusahaan gak bisa ngasih rujukan ke awal bross, melainkan ke syafira. Di Syafira gak ada dokter andrologi, jadi kita berobat ke dokter urologi. Kami ngikut aja, karenaa kalau pake biaya sendiri ke awal bross kayanya gak sanggup. Harga obatnya jutaan.

Ketemulah kami sama dokter urologi. Saya ceritain semua hasil pemeriksaan sebelumnya. Sambil liatin hasil analisa sperma dan hasil usg varikokel suami. Terus suami diperiksa lagi. Katanya varikokel yang kiri derajat 2, yang kanan derajat 1. Jalan keluar kalau mau sembuh adalah operasi. Kata dokternya gak ada obat-obatan yang bisa beliau kasih. Terus dokternya bilang varikokel hanya berpengaruh 15% terhadap kehamilan, sisanya banyak faktor lain. Kami mulai bingung. Akhirnya saya minta dokter yakinin saya dan suami untuk operasi. Terus dokternya bilang gak bisa maksa, tapi katanya temennya ada yang operasi varikokel terus beberapa bulan kemudian istrinya hamil.

Suami saya bilang, katanya mau coba pakai obat saja. Terus dokternya mempersilakan. Terus saya coba yakinin suami untuk operasi aja. Dokternya juga bantu jelasin tentang operasinya. Katanya gak akan ada efek samping. Saya takut juga kalau varikokelnya tambah parah kalau dibiarin. Dan mumpung pengobatannya ditanggung perusahaan. Terus saya nanya biaya operasinya, jawaban dokternya mirip di sinetron 😂😂😂, katanya kalau masalah biaya tanyakan saja nanti di kasir. 

Dan akhirnyaaaaaa setelah berpikir sejenak suami saya pun setuju dioperasi. Kami sama-sama nentuin jadwal, tapi sebelumnya saya minta bantuan ke dokternya supaya biaya operasi seluruhnya dipastikan ditanggung perusahaan. Dan bener aja, susternya langsung sibuk urus sana sini, telepon sana sini. Kami hanya menunggu untuk mendapat kamar rawat inap. Sekitar 1 jam akhirnya proses administrasi selesai, dan kami dapet kamar vip.

Hari sabtu abis shalat isya kami diantar oleh suster ke kamar. Kami gak ada persiapan operasi. Padahal ternyata nginep di rs itu kami butuh sejadah, anduk, alat mandi, selimut, dan baju ganti. Untungya ada saudara di pekanbaru yang bisa bantu itu semua.

Jam 2 subuh suami bangun untuk saur, karena harus puasa 6 jam sebelum operasi. Operasi dilakukan jam 10. Agak ngaret karena dokternya harus operasi pasien lain. Saya cuma bisa nunggu di luar. Sejam kemudian suami saya keluar dari kamar operasi. Suami gak sadar dan dipasangin tabung oksigen. Setengah jam suami gak bangun-bangun, akhirnya dibangunin dokter.

Gak lama kemudian kami balik ke kamar awal. Nah terus suami cerita kalau dia milih dibius total karena selama operasi gak mau banyak pikiran. Dokter bius dan perawatnya sempet ngebujuk suami untuk bius lokal, tapi ternyata dokternya kalah ngeyel. Haha jadi dengan wajah kesel dokternya nyuntikin obat bius total ke selang infus. Tiga detik kemudian katanya suami saya gak inget apa-apa.

Pascaoperasi, suami jadi susah buang air kecil bejam-jam, sempet mau pasang kateter, tapi akhirnya berhasil buang air kecil setelah perut bagian bawahnya dikompres air panas dan suami maksain ke kamar mandi.

Karena bius total, suami muntah2 terus setiap abis minum dan makan, tapi besoknya Alhamdulillah bisa makan kaya biasa. Ada 2 sayatan bekas operasi. Masing-masing 4 cm. Letaknya sekitar setengah jengkal di bawah pusar. Jenis jahitannya yang gak perlu dilepas. Jadi hari seninnya suami bisa pulang. Suami harus ganti perban di poliklinik terdekat 3 kali sehari. Tapi seminggu kemudian, luka sayatan udah kering. Selama seminggu gak sempet ganti perban.

Kami diminta kembali ke rs. Syafira 3 bulan kemudian untuk cek sperma. Kayanya setelah obat dari dokter habis, suami bakal konsumsi fertilaid starter pack lagi. Mohon doanya semoga setelah tiga bulan hasil analisa spermanya gak bermasalah lagi. Semoga ikhtiar kita Allah catat sebagai amal baik. Aamiin. 

Bagi yang memilih untuk tidak operasi atau memang belum ada kesempatan operasi, tetep semangat ya. Pasti bisa hamil kalau Allah udah berkehendak. Fight yaaa.

Resna sedih gak? Ngga kok, saya belum pernah menangisi sesuatu yang gak ada. Kalau menangisi kepergian sering. Hahaha


*Buat yang nanya, sekarang udah hamil atau belum, Alhamdulillah udah, ceritanya di sini ya Cerita Garis Dua


Instagram @resnaj

22 komentar:

  1. hi mba, gmn hasil operasinya? apakah ada peningkatan jumlah sperma?
    suami saya juga hasil spermanya OAT. sampai skrg blm berobat lagi ke dokter.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih blm hamil. Terakhir cek bulan 2018 blm ada perubahan. Tp tmn sy ada yg berhasil hamil. Jadi setelah suaminya oprasi varikokel dua2nya konsumsi buah kurma dan zuriat slama 3 bulan.

      Hapus
    2. Kak saya udah hamil Alhamdulillah https://resnaje.blogspot.com/2020/04/cerita-garis-dua.html?m=1

      Hapus
  2. Kemarin baru kontrol pascaoperasi ke urologi syafira kak. Tp dokternya kaya kurang serius gt ngeceknya. Gak pake alat gak kaya di awal bross. Jadi blm tau varikokelnya udh smbuh apa blm. Oleh dokter disuruh cek sperma, tapi kami blm ada waktu. Jadi blm tau udh membaik atau blm. Saya jg blm hamil kak.^^

    BalasHapus
  3. Hi mba? Gimana dengan suaminya mba? Varikokelnya sudah sembuh total? Terus gimana pasca operasi, adakah efek samping yang di alami? Terlebih lagi gimana keadaan sperma suami mba sudah membaik kah?
    Soalnya sodara saya juga mengidap varikokel mba, belum dioperasi katanya takut ada efek samping .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belum cek lagi kak varikokelnya. Tapi kalau sperma pas april 2018 masih jelek. Bulan ini belum tau spermanya udah membaik atau blm

      Hapus
    2. Kak saya udah hamil Alhamdulillah. Bisa liat cerita terbaru saya ya

      Hapus
  4. Gimana sis , skrg sudah hamil blm ? Terus gimana hasil tes sperma nya suami ? Sudah di nyatakan bagus sm dokter ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih blm hamil. Terakhir cek bulan 2018 blm ada perubahan. Tp tmn sy ada yg berhasil hamil. Jadi setelah suaminya oprasi varikokel dua2nya konsumsi buah kurma dan zuriat slama 3 bulan.

      Hapus
    2. Kak saya udah hamil Alhamdulillah. Bisa liat cerita terbaru saya ya

      Hapus
  5. bagaimana hasil operasiny mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih blm hamil. Terakhir cek bulan 2018 blm ada perubahan. Tp tmn sy ada yg berhasil hamil. Jadi setelah suaminya oprasi varikokel dua2nya konsumsi buah kurma dan zuriat slama 3 bulan.

      Hapus
    2. Kak saya udah hamil Alhamdulillah. Bisa liat cerita terbaru saya ya

      Hapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. Gimana ka suaminya spermanyabsudah membaik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah setaun gak pernah cek lagi kak dan blm hamil smpe skr

      Hapus
    2. Kak saya udah hamil Alhamdulillah. Bisa liat cerita terbaru saya ya

      Hapus
  8. assalamualaikum kak,
    gmn hasilnya?
    apakah kk sudah hamil??
    masalah suami kita sama soalnya...
    kk ada akun ig kah?
    bs minta kak, ada yg mau saya tanyakan.
    kebetulan domisili kita sama :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Akun Ig saya resnaj kak. Smpe skr blm hamil kak :'(

      Hapus
    2. Kak saya udah hamil Alhamdulillah. Bisa liat cerita terbaru saya ya

      Hapus
  9. Alhamdulillah sudah dpt garis 2..doakan saya bisa memiliki momongan ya mba...
    Aminn ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ia Kak Alhamdulillah. Aamiin Insyaallah. Semangat kaaaaak :)

      Hapus