Sabtu, 23 November 2013

Latar Belakang Makalah Membaca Kritis - Resna J Nurkirana

Pada era globalisasi sekarang ini, perkembangan teknologi semakin pesat. Hal ini dapat dilihat dari bermunculannya berbagai alat komunikasi atau gadget yang semakin canggih dan bervariasi. Akhir-akhir ini kita sudah sangat akrab dengan telepon genggam berjenis blackberry, android, sampai pada alat komunikasi bernama tablet yang memiliki fungsi seperti telepon genggam dan laptop namun lebih praktis karena ukurannya yang lebih kecil dan tidak memakai keyboard seperti halnya laptop. Hal ini tentu saja akan memudahkan masyarakat khususnya pelajar atau mahasiswa untuk berkomunikasi, bersosialisasi, atau mencari informasi dimanapun dan kapanpun.

Begitupun dengan keberadaan internet yang belakangan ini semakin akrab dengan masyarakat. Berbagai alat canggih yang telah dipaparkan di atas biasanya selalu memiliki aplikasi yang harus terhubung dengan internet, seperti media sosial facebook, twitter, instagram sampai mesin pencari seperti google. Aplikasi-aplikasi tersebut biasanya memiliki fungsi untuk menjalin komunikasi dengan orang-orang yang kita kehendaki, menerima atau mengirim informasi, dan bersosialisasi satu sama lain.

Dari pemaparan di atas, sudah dipastikan bahwa para pelajar dan mahasiswa tidak mungkin terlepas dari pengaruh berbagai teknologi canggih tersebut. Dalam dunia pendidikan akhir-akhir ini, pelajar dan mahasiswa biasanya sangat bergantung pada internet untuk memudahkan mereka dalam proses pembelajaran. Seperti yang kita ketahui, bahwa siapapun dapat memasukkan atau mengambil informasi apa saja ke dalam internet tanpa adanya penyaringan terlebih dahulu. Hal ini begitu riskan dalam dunia pendidikan karena kemungkinan pelajar dan mahasiswa mendapatkan informasi yang salah atau keliru sangatlah besar. Biasanya, banyak pelajar dan mahasiswa menyerap mentah-mentah informasi yang mereka dapatkan atau mereka baca melalui internet.

Maka dari itu, makalah ini akan membahas segala hal yang menyangkut strategi pembelajaran membaca pemahaman dengan membaca kritis. Diharapkan dengan makalah ini, pembaca mengetahui pentingnya membaca kritis di tengah-tengah maraknya teknologi canggih dalam dunia pendidikan, karena dalam membaca kritis, pembaca tidak hanya sekedar menyerap masalah yang ada, tetapi ia bersama-sama penulis berpikir tentang masalah yang dibahas. Membaca kritis berarti harus membaca secara analisis dan dengan penilaian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar